Thursday, November 29, 2012

7 Bendungan / Waduk terbesar didunia


Assalamualaikum Wr .wb 
Seperti yang kita ketahui , waduk atau bendungan memiliki berbagai menfaat antara lain seperti Sumber pengairan / irigasi , Pembangkit listrik , dan sebagainya . Namun ada beberapa Waduk/Bendungan yang memiliki ukuran terbesar didunia , cekidot :

7. Ataturk Dam – Turkey
 

Selesai dibangun pada tahun 1990, Bendungan Ataturk di Turki adalah bendungan batu yang ditemukan di Sungai Efrat. Awalnya bernama Bendungan Karababa, situs itu kemudian berganti nama dalam rangka untuk menghormati pendiri Republik Turki, Mustafa Kemal Ataturk. Bendungan ini berfungsi untuk mengairi daerah dataran serta sebagai pembangkit listrik. 


6. Mangla Dam – Pakistan
   

Bendungan terbesar kedua belas di dunia ini dibangun pada tahun 1967 dan didanai sebagian oleh Bank Dunia. Bendungan Mangla terwujud berkat penandatanganan Indus Water Treaty tahun 1960tentang hak atas air yang ada di sungai Ravi, Beas, dan Suglej diberikan kepada Pakistan. Sebelum bendungan dibangun sistem irigasi Pakistan bergantung sepenuhnya pada aliran Sungai Indus – yang sebagian besar benar-benar tidak diatur. 
5. Tarbela Dam – Pakistan

Selesai pada tahun 1976, Bendungan Tarbela, juga dikenal sebagai Torabela atau Pashto, dianggap sebagai bendungan terbesar yang pernah dibangun di Sungai Indus Pakistan. Meskipun bukan bendungan terbesar di dunia secara keseluruhan, tetapi bendungan ini adalah bendungan air terbesar yang diisi secara alami oleh bumi. Bendungan ini menyimpan air tidak hanya untuk mengendalikan banjir, tetapi juga untuk irigasi dan produksi energi hidro-listrik. 
4. Fort Peck – USA
  

Fort Peck Dam di timur laut Montana adalah salah satu dari enam bendungan yang dapat ditemukan di Sungai Missouri. Pembangunan bendungan ini dimulai pada tahun 1933 sebagai bagian dari New Deal yang diajukan oleh Presiden Franklin D. Roosevelt dan memungkinkan lebih dari 11.000 pekerja untuk memiliki pekerjaan selama konstruksi. Bendungan, yang bertanggung jawab atas pembentukan Danau Fort Peck, digunakan untuk mengendalikan banjir dan menghasilkan listrik. 
3. Aswan Dam – Egypt

Bendungan Aswan sebenarnya merupakan sepasang bendungan – di Bendungan Aswan Tinggi dan Bendungan Aswan Rendah. Pada zaman kuno diketahui bahwa Sungai Nil akan banjir setiap musim panas akibat air mengalir dari Afrika Timur. Sebagai penduduk di sepanjang sungai merasa perlu untuk menemukan cara untuk mengendalikan banjir di daerah ini. Sekarang tanah tersebut masih cukup subur untuk pertanian dan orang-orang tidak lagi perlu khawatir tentang kekeringan tetapi bahaya banjir yang menyapu bersih kota mereka.

2. Syncrude Tailings – Canada

Terletak dekat Fort McMurray di Alberta, Kanada, Syncrude Tailing Dam memiliki sekitar 540.000.000 meter volume. Bendungan yang saat ini dikelola oleh sebuah perusahaan yang dikenal sebagai Syncrude Kanada Ltd – perusahaan yang bertanggung jawab untuk ekstraksi minyak di Athabasca Oil Sands. Bendungan ini berfungsi untuk menyimpan tailing – sisa ekstraksi minyak atau residu – yang muncul sebagai produk sampingan dari operasi ekstraksi minyak. 
1. Three Gorges Dam – China 

Three Gorges Dam di China mutlak merupakan bendungan terbesar di dunia. Pembangunan bendungan ini memiliki dampak besar pada kehidupan di Sandouping, sehingga tidak hanya menyebabkan relokasi puluhan desa tetapi juga relokasi monumen-monumen dan pemandangan. Karena ketinggian Bendungan Three Gorges ini, gunung yang biasanya terlihat tinggi menjulang sekarang terlihat sedikit lebih rendah dari biasanya. Bendungan-bendungan ini tidak hanya yang terbesar, tetapi juga dianggap yang paling fungsional, indah, dan estetis di dunia. Jangan ragu untuk mengunjungi salah satunya jika Anda sedang berada di negara tersebut. Melihat salah satu bendungan besar secara langsung terbukti akan menjadi pengalaman yang benar-benar menakjubkan dalam hidup anda.

2 comments:

atap pvc untuk rumah Anda said... Balas Komentar

wah yang bendungan fort peak amerika besar sekali gan, hebat cara oembangunan nya, terimakasih infonya

cruise cushion for boat said... Balas Komentar

seandainya indonesia bisa mencontoh bagaimana negara-negara tersebut membangun bedungnya, pasti akan bagus

Post a Comment

Blog ini dofollow , jadi coment saja jika ingin dapat backlink
tapi ada syaratnya bro/sis :
=>> Dilarang Keras coment yang menyinggung SARA
=>> Coment bebas , terutama kritik dan Saran

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Followers

Copyright © 2012. Narrow Shot - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Bamz Templates